October 6, 2014

Unforgetable Adventure. (3)

Okay, setiap ada judul begitu artinya gue habis jalan-jalan ke suatu tempat. Hobi gue memang jalan-jalan, entah yang cuma jalan-jalan ke Mall, jalan-jalan naik motor muterin kota, atau jalan-jalan ke luar kota. Yang belum cuma jalan-jalan ke luar negeri sama ke luar angkasa. Hehehe :))

Bulan kemaren sama bulan ini memang gue lebih sering jalan-jalan, sampai teman gue di Instagram komen "Jalan-jalan lagi?? (_ _')" di salah satu foto gue. Hahaha nah cerita kali ini jalan-jalannya berbeda dengan jalan-jalan sebelumnya. Kali ini gue jalan-jalannya antar perusahaan. Kok bisa? Iya, gue iseng melamar ke banyak perusahaan bulan September kemarin. Total ada lebih dari 50 perusahaan yang gue kirimin CV sama surat lamaran.

Buat yang sudah kenal gue, gue dulu memang kerja jadi guru di salah satu Playschool National+ di kota gue. Nah kenapa kok melamar pekerjaan di perusahaan lain? Kalo mau tahu, sini ketemu sama gue. Gak enak diobrolin disini soalnya. :)
Petualangan gue dimulai dari gue memutuskan untuk resign dari Sekolah tempat gue kerja per tanggal 1 September 2014. Gue, bukannya apa, tipenya paling bingung kalo gak ada kerjaan. I mean, kerjaan yang benar-benar kerja ya, bukan pekerjaan macam beres-beres rumah, dan lain lain. Itulah kenapa gue sampai kena warning dari pihak lowongan online gara-gara melamar pekerjaan ke lebih dari 50 perusahaan dalam sebulan. :))

Kenapa lo ngelamar pekerjaan di banyak perusahaan? Mau tau jawaban gue apa? Sini gue jelasin...
Karena gue pengen buruan dapat kerja, bukan diam dirumah gak melakukan apapun selain bantu Mamah gue jaga toko. Makanya gue ngelamar pekerjaan di banyak sekali perusahaan. Jadi setelah gue ngelamar pekerjaan di banyak perusahaan dari awal September, yang telepon buat interview masih 6 perusahaan. Perusahaan besar dan kecil, gue ceritain gimana gue "jalan-jalan" dari 1 perusahaan ke perusahaan lain.

Perusahaan A
Ini perusahaan ekspor impor barang, didaerah Mulyosari, daerah sekitar Kampus C Unair. Gue kira ini perusahaan besar, secara judul depannya PT. Gue excited, secara ini interview pertama gue pasca resign. Diawali cari alamatnya yang susah, karena gue ogah menghubungi Shine, padahal sebenarnya dia mungkin tahu alamat yang gue maksud. Pas ketemu alamatnya, gue kecewa, kok malah yang ada didepan gue rumah?! Bukan pabrik seperti harapan gue, mana gue disuruh nunggu dibawah pohon sebelum dipersilahkan masuk. Ketemu sama entah itu siapa, bapak-bapak berbahasa Inggris dengan logat yang bikin gue susah banget buat ngerti dia ngomong apa. Ngobrol sama sekalian nunggu bosnya, dan begitu bosnya datang, orangnya sengak abis. Syukur gue ada alasan kalo rumah terlalu jauh, jadi akhirnya gue gak kerja disana.

Perusahaan B
Ini sekolah yang cukup besar di Surabaya Barat. Bukan, gue ngelamar bukan buat jadi guru. Gue ngelamar jadi admin, padahal gue gak ada pengalaman banyak soal administrasi. Cuma sempat belajar 2 bulan doang di Sekolah lama, itu juga otodidak dari teman gue. Pas wawancara, gue juga ditawarin jadi guru, dan gue tolak secara halus. Gue pengen coba diluar bidang yang gue kuasain selama gue masih muda. Ternyata gaji dibawah UMR, gue akhirnya gak kerja disana juga.

Perusahaan C
Gue cuma tahu perusahaan ini perusahaan pendanaan kredit kendaraan bermotor, lokasinya nanti di Jl. Diponegoro, Surabaya. Gue waktu itu cuma di interview by phone sama perusahaan outsourcing dari Jakarta pakai bahasa Inggris. Gaji memang diatas UMR, dan lokasi sekitar 15-20 menit dari rumah gue, cuma ada kebodohan yang gue lakukan selama interview. Gue kebanyakan bercanda jawab semua pertanyaan yang diajukan, dan jawabnya kayak orang lagi ngambek sama pacarnya, pendek-pendek. :))

Perusahaan D
Ini lembaga pendidikan bahasa Inggris yang sedang berkembang di Sidoarjo. Gue ngelamar buat cabang Surabaya, gue ambil bagian Customer Service. Kenapa? Gue suka berkomunikasi dengan banyak orang dan cocok dengan jurusan gue yang mempelajari bahasa Inggris. Cuma sayangnya, lembaga ini lebih memilih buat tanya via email dulu, bukan yang langsung telepon buat interview. Gue ditawarin jadi guru disana, karena background gue yang dari pendidikan. Gue tolak, karena setelah gue tanya sama teman gue yang sudah kerja disana 1 tahun lebih, gaji masih dibawah UMR. Dan secara juga lokasi di daerah Rungkut dan sekitarnya, yang lebih jauh dari tempat kerja gue sebelumnya.

Perusahaan E
Ini perusahaan besar supplier bahan-bahan yang dibutuhkan untuk keperluan design interior yang sudah lumayan terkenal di beberapa negara di Asia. Gue tahu pasti, disini gue gak akan ditawarin jadi guru (meski sempat dibahas juga, masih mau jadi guru lagi atau enggak). Hehehe gue 2x dihubungi perusahaan ini, kenapa sampai 2x? Pertama, handphone gue gak ada sinyal waktu dihubungi pertama, gue cuma terima notifnya doang dari provider bahwa gue dihubungi nomor yang gak ada di kontak gue. Gue coba hubungi lagi besoknya, gak ada yang angkat. Gue ikhlasin, eh pas gue liburan, gue ditelepon lagi sama nomor yang sama dan dipanggil buat interview. Ketemu sama Branch Managerya langsung, ngobrol banyak hal, dan yang gue suka bapaknya ganteng dan ramah banget. Adalah nilai plus buat gue milih perusahaan ini sebagai tempat kerja. LOL

Perusahaan F
Ini perusahaan besar pembuat sandal jepit di Indonesia, yang gue tahu setelah gue Googling dan lihat foto-fotonya ketika gue dipanggil interview ke pabriknya. Gue ngelamar via situs lowongan kerja online, dan disitu gak disebutkan apa perusahaannya. Ilmu ngawur dan iseng, gue malah dapat perusahaan gede macam gitu. Gue melamar jadi Admin Marketing, malah pas interview ditawarin posisi yang jauh lebih baik, Marketing Ekspor yang ada kemungkinan buat gue perjalanan kerja ke luar negeri. Menggiurkan memang, cuma jujur, gue gak minat. Kenapa gak minat? Kalau dilihat dari gaji dan jenjang karir, ini gak ada matinya, cuma tempatnya jauh banget kalau dari rumah. Bisa tua di jalan gue, karena gue juga anaknya gampang capek. Lagian juga belum tentu gue bakalan dihubungi lagi nanti. Hahaha

Mungkin buat orang simple banget alasannya buat nolak perusahaan gede macam itu, cuma gue memang orangnya simple minded. Gue pilih perusahaan E, gajinya memang kalau dibandingkan dengan perusahaan F bakalan ada selisih angka yang cukup besar. Cuma gue suka sama perusahaan E karena selain dekat sama rumah, suasana kerjanya juga nyaman. Their office really feels like home, itu yang bikin gue jatuh cinta selain Branch Managernya. Eh.

Gue, entah kenapa, dari dulu cari tempat kerja yang buat gue nyaman dulu. Jujur, gue sebanyak apapun kerjaannya, kalau gue nyaman disitu, gue bisa menyelesaikannya tepat waktu atau bahkan sebelum deadline. Hidup memang pilihan, mungkin banyak orang di luar sana memilih pekerjaan dengan gaji yang besar, meski gak merasa nyaman sama teman maupun tempat kerja. Cuma buat gue, saat ini seenggaknya, gue selalu memilih yang lingkungan kerjanya nyaman. Soal gaji itu urusan belakang, ya karena gue masih belum butuh duit yang banyak buat menghidupi gue sendiri sih. Hehehe :D

No comments:

Post a Comment