July 7, 2017

Pregnancy Is A Gift (2)

Hello, I'm back!
Sesuai omongan dipostingan sebelumnya, gue mau sharing soal kehamilan gue trimester pertama or mungkin bisa sharing juga soal beberapa promil yang gue tau. Hehehe :D
Setelah drama kumbara dipostingan sebelumnya, postingan ini juga bakalan penuh drama sih. :))))))))))

Trimester pertama or TM1 gue benar-benar perjuangan berat. Flashback ya, pertama pas telat 5 hari, setelah testpack dan hasilnya positive, sama suami pergi ke dokter kandungan, gak ada tanda" hamil pas USG rahim. Katanya cuma mau mens, dengan omongan yang gak enak. Dan bikin mewek setelah keluar dari ruangan praktek. Ganti dokter next weeknya, Alhamdulillah UK 5 w udah ada kantong janin even kecil. Terus sempet flek karena hubungan badan di usia muda kehamilan dan kekencengan. Wkwkwkwkwkw :))
Mual muntah hebat dari UK 7 w, sampe UK 14 w. Keluar masuk RS 2x, berat badan turun 5 kg, ngerasain muntah darah karena tenggorokan luka, gak kerja ada kali 1 bulan, dan berujung resign. Ngobat terus sehari 3x dengan 2 macam obat, biar bisa kemasukan makanan buat nutrisi janin, stress karena suka tengkar sama orang sekitar gara" gue yang terlalu egois.

Ngerasain gimana rasanya 2 bulan gak makan nasi dengan normal. Minum seteguk, muntahnya seember. Makan 2 suap, muntahnya seember. Baru bisa tidur pas jam 03.00 setiap hari, itu juga gara" kecapean muntah. Suami sama mamah ikutan sakit karena mikirin gue, kerjaan mereka amburadul. Besar banget yak efeknya? Cuma gue bersyukur, mereka berdua bukan type yang gampang menyerah kayak gue. Demi gue lebih sehat, mereka mau capek" demi gue. (Makasih Mah, makasih sayangkuh!)

Lalu?
Mulai 13 w udah ngurangin dosis obat dari dokter, dari yang sehari 3x, jadi cuma 2x doang dan turun ke 1 macam obat. Yay! Dan selebihnya, makin kesini gue gak lagi konsumsi obat dari dokter. Diganti sama vitamin dan kalsium yang selama 3 bulan gak bisa masuk badan gue. Hahaha!

Nah sekarang mau sharing soal promil yang gue tau ya, gue baca dari forum yang gue ikutin. Sebenernya enak ikutan forum, bisa sharing sama banyak orang. Tapi sayangnya, kelamaan ini forum isinya gak penting. Yang isinya ibu" tukang nunda test pake testpack selama lebih dari 1 minggu, dengan alasan Tuhan itu tukang PHP tiap bulannya. Yang suka nanya tebak-tebak buah manggis dia hamil apa engga, dengan menyebutkan ciri" ibu hamil muda yang ujungnya cuma buat pembelaan diri dan useless karena dia mens juga. Ibu" yang suka nanya gak penting, kalo gak ada yang jawab, posting lagi dan lagi. Ibu" yang marah" karena Tuhan gak adil (sama kayak gue dulu). Dan yang terakhir, yang emosi sama cara jawab gue diforum yang terlalu to the point, dan gak pake perasaan. Terus bikin postingan yang isinya ngomongin gue tanpa sebut nama benernya (tapi gue yakin itu buat gue, karena gue doang yang jawabnya gak bikin mereka bahagia. Wkwkkwkwkwkwk)

Well, what for? Kasih jawaban penuh harap yang bikin orang tambah lebih menunda test pake testpack. Padahal semakin cepat orang tahu kalo dia hamil, semakin cepat penanganan dokter semakin bagus. Gue sendiri batesin ke 1 minggu telat mens maksimal. 2 bulan nikah, telat 4 hari, dan negative. Telat 5 hari pas abis testpack negative, eh mens. Bulan ketiga nikah, telat 5 hari, dan Alhamdulillah positive. Dan bisa segera diperiksakan ke dokter kandungan meski terlalu dini. Yang penting sebenernya testpack dulu, kalo positive, minggu depannya baru ke dokter buat lihat keadaan dirahim. Dan sebelum ke dokter, usahakan jangan hubungan badan or hubungan badannya pelan". Karena bakal dan janin  masih rawan keguguran sampe usia 12 w.

Ada yang nunda test pake testpack or ke dokter, Naudzubillah, malah keguguran karena gak tau kalo hamil (karena takut test pake testpack, terus nanti hasilnya negative). Atau yang mens telat 2 bulan dibiarin aja, test pake testpacknya telat, ke dokter telat, dan akhirnya tau kalo hamil kosongnya juga telat (biasanya janin ada ketika Uk 7-8 w, dan ini gak ada janin sama sekali).

Jadi biar kalian gak terjebak sama ibu" macam itu, ini secara singkat promil apa aja yang pernah gue tahu or baca di forum (selebihnya coba Googling ya cara konsumsi or pakainya. Hehehe):

1. Asam Folat (Ada juga yang dibarengi sama konsumsi Vitamin E kaplet)
Diminum 1x sehari masing" 1 kapsul/tablet, kalo aku sih kemaren cuma konsumsi Asam Folat Folavit 1 mg/hari setelah mens rutin. Karena gak boleh minum vitamin E, takutnya muka semakin berminyak. Efeknya ada yang tambah gendut, ada yang haidnya jadi gak lancar, dll

2. Susu Kambing Etawa
Kurang paham apa merknya, cuma pernah baca Aumom, selebihnya lupa.

3. Madu penyubur kandungan wanita dan madu penyubur pria

4. AHCN

5. Manjakani Momo (khusus buat yang keputihan)

6. Promil Holistik

Itu beberapa promil yang gue tau, berhasil engganya setiap orang berbeda hasilnya. Ada yang hitungan 1 bulan berhasil, ada yang tahunan juga tetep nihil. Itu juga bukan promil resmi dari dokter, jadi efek sampingnya entah apa. Kalo sudah 1 tahun nikah dan coba promil alami dengan rutin hubungan badan pas masa subur dan ovulasi masih belum diberi momongan, bisa check ke dokter kandungan. Nanti suami istri dirujuk ke Lab buat check ini itu.

Gently reminder, YANG PASRAH DAN IKHLAS. Kenapa? Gue suka marah" dan berprasangka buruk sama Tuhan, semakin gue dijauhkan sama rejeki anak. Ketika gue nurut suami gue buat pasrah dan ikhlas, Alhamdulillah langsung dipercaya. Jemput rejeki dengan cara yang baik, jangan dengan cara gue or cara ibu" diforum yang gue sebutin. Bukannya apa, kebanyakan mereka" yang selalu mengeluh disetiap postingannya, sudah hampir 1 tahun menikah or lebih dan belum dikaruniai anak. Tapi ya, Allahualam. Hanya Allah yang tahu. :)

No comments:

Post a Comment