June 21, 2014

The Story Behind 533.

Apa itu 533? Itu angka yang susah payah gue dapatkan selama hampir 5 tahun ini. Gak lebay, itu memang kenyataan. Itu score TEP atau Test of English Proficiency gue, nilai yang diharuskan jurusan biar bisa ikut yudisium adalah minimal 500, khusus untuk jurusan gue, jurusan lain mah cuma 400 doang. Nilai yang bisa gue dapatin dari tahun lalu untungnya dengan tidak susah payah. Hehehe :P

Gue sebelumnya cuma dapat nilai 463, dan diketawain beberapa orang di Sekolah tempat gue ngajar. Memang ketawainnya becandaan doang, cuma bete juga, sudahlah gagal, diketawain pula. Sejak saat itu gue bertekad buat buruan naikin nilai, biar gak kepikiran lagi. Berkali-kali gue ikut test, mentok 480, sedih. Nah, akhirnya gue disarankan sama temen buat ikut treatment, treatment itu seharian digembleng dan dikasih tips gimana cara ngerjain soal. Bayarnya 150 ribu kalo di Pusat Bahasa kampus gue, 2x pengayaan, 2x ujian. Akhirnya mumpung ini gue lagi libur kerjanya, gue nekatin daftar jadi salah satu peserta. Gue kira gue doang, ternyata benar. Benar kalo gue doang yang S1, sisanya bapak dan ibu yang sudah mau lulus S2, surem. :|

Treatment dimulai dari jam 08.30 yang molor sejam dari jadwal asli, karna banyak banget hal yang disebabkan oleh pihak Pusat Bahasa. Dan jeng jeng jeng....
Yang ngajar dosen pembimbing akademik, sekaligus skripsi gue, Maam Rahayu. Hahaha ya kita diajari tips bagaimana mengerjakan soal dari mulai listening, structure, dan reading. Gue ngerasa kuliah lagi, dan yang gue pelajari selama hampir 5 tahun diringkas dalam waktu 1 hari, kebayang gimana puyengnya? :(
Gue udah pede banget pas test I, soalnya sama kayak yang gue kerjain sebelumnya, yang waktu itu nilanya 480. Gue masih ingat beberapa jawabannya, enak banget udah. DAN TERNYATA GUE KEPEDEAN BUAT LULUS DENGAN 1X TEST! Alhasil nilai gue cuma nambah jadi 487, 13 point lagi ....

(Nilai gue 2 dari bawah)

Putus asa sempat melanda, gue sampai telpon Mamah gue, agak mewek sudahan. Gue capek banget, mana lapar, dan jeda yang diberikan buat pengayaan selanjutnya cuma dikit doang. Mamah gue khawatir, sedih juga tau gue gak lulus dan denger suara gue sedih gitu. Beliau bilang sama gue "Udah jangan putus asa, usaha lagi. Mamah doain ya Nak, semoga test selanjutnya lulus." Dengan doa dari Beliau, dan mengingat apa kekurangan gue ditest sebelumnya, gue percaya diri jawab soal di test II, dan alhasil gue kaget banget karena nilainya 533, beyond my imagination!
Gue doanya cuma "Tuhan, tolong lulusin dong test TEPnya, capek saya test terus. 500 seenggaknya, atau 501 gitu lah." Itu sudah putus asa banget, ya ternyata Tuhan Maha Baik, dikasih lebihan 33 dari batas nilai minimal.

Ada banyak cerita sih, salah satunya gue ngobrol sama Ibu Sri Padmawati, beliau dari Lamongan sana yang ternyata seumuran sama Mamah. Kita sebelahan mulai dari pengayaan pertama, terus ngobrol sana-sini. Pas pasca test I, kita sama-sama gak lulus. Beliau kurang bagus di listening, tapi bagus di structure, nah gue? Kebalikannya, nilai gue hancur di structure dan bagus di listening. Sayang di test II, Beliau nilai listeningnya kurang bagus, gue nyesel gak nunjukin jawaban gue. Eh, gue nunjukin deh, cuma Beliaunya gak kelihatan karna kacamatanya gak lagi jelas. Sedih, Beliau nyesel banget tadi gak lulus dan gak lihat jawaban gue, ya tapi apa boleh buat, Tuhan mungkin gak mau gue bantu orang dengan cara yang salah. Ehehe. :)

Terakhir gue antar Beliau sampai depan Royal Plaza, Beliau mau naik bus ke Terminal Bungurasih. Semoga Beliau selamat sampai rumah, dan segera lulus TEPnya. Glad to see you, Ibu. :)

(Finally lulus juga dari jeratan TEP!)

No comments:

Post a Comment