September 8, 2014

Unforgetable Adventure.

Ini pengalaman pertama gue asal ikut suatu rombongan tour yang gue cuma tau 1 orang doang dirombongan, sisanya semua orang baru. Awal mula gue memutuskan untuk ikut adalah seminggu sebelumnya gue dibikin sakit hati ketika sakit fisik gue bahkan belum sembuh. Gak sesakit ditinggal Morphine nikah memang, tapi cukup buat badan yang awalnya sudah mulai membaik jadi drop lagi. What a heartbreaking and breathtaking moment for me. :)

Sumpek banget kan, ada ajakan pas ketemuan sama sahabat baik buat ikut ke luar kota sama komunitasnya dia. Bayar cuma 150 ribu Rupiah, dan ketika gue Googling, tempatnya asik juga. Sebuah pulau terpencil yang gak kalah keren sama Gili Trawangan, Lombok. Gue iyain aja, lagian juga bisa ilangin sumpek, dan itu Pantai. Iya Pantai, tempat yang selama ini pengen gue tuju banget. Karena kemarenan diajakin ke Sempu dan gak jadi, terus ada yang ngajakin ke Pulau Seribu juga gak jadi, mungkin gak jodoh sama pantainya, atau mungkin sama orangnya. Gue cari jodoh gue sendiri buat ke suatu pantai, akhirnya jodoh gue ternyata rombongan ini.

Berangkat dari janjian awal jam 19.00 dari meeting point, eh molor sampe jam 20.00 apa 20.30 gitu. Kenalan sama banyak banget orang baru, yang gue sampai nyuruh sahabat gue buat ngulang lagi namanya satu per satu. Hahaha I'm not good at remembering name, but good at remembering our story. Eh.

Nah setelah kenalan satu sama lain, kita berangkat ke salah satu kota terdekat sama pulau yang akan kita tuju. Perjalanan darat selama kurang lebih 4-5 jam, ngobrol ngalor ngidul, bercanda sama banyak orang, ngebully satu sama lain, well, gue langsung bersyukur kalo gak salah gue memutuskan ikut rombongan ini meski ya awalnya run down acaranya kacau banget. Hehehe!

Gue sudah bisa dipastikan cepet banget membaur disana, syukur juga gue dikasih kemampuan sama Tuhan buat punya banyak topik obrolan dan iya, ngebully orang juga salah satu keahlian gue. Jadilah gue jarang dibully, malah bisa ngebully orang lama dan itu yang bikin suasana makin akrab dan bisa banget buat nemenin yang gak bisa tidur selama perjalanan. :P

Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 4-5 jam dan itu dilewatin juga dengan perjalanan ke luar pulau Jawa lewat jalur laut selama 45 menit, akhirnya kita sampai dirumah teman yang kita inepin. Total rombongan ada 20 orang, jadi dibagi di 2 rumah. Kita istirahat sebentar, dan paginya sekitar jam 7 kita harus sudah siap buat menyebrang lagi ke pulau yang lain, yang jarak tempuhnya sekitar 2-2,5 jam naik perahu.

(Very fine if I only wake up to sunrise, not wake up next to you)

Sempat ada warning dari keluarganya teman yang kita inepin kalo ombak lagi tinggi banget dan kemungkinan gak bisa kesana. Cuma namanya anak muda ya, nekat aja, dan yang penting sebelum pergi berdoa dulu sama Tuhan. Ombaknya emang gede dan berhasil bikin gue mabuk laut banget, cuma untungnya gue gak pake acara muntah parah kayak temen gue yang lain. Hahaha

Begitu sampai tempatnya, ya Tuhan, gue gak salah banget memutuskan buat ikut rombongan ini. Feels like I'm at Gili Trawangan, Lombok. Ya even gue cuma pernah lihat gambarnya di internet, cuma emang mirip banget dari bening airnya, bersih pasirnya, dll.

(image: my own document)

Itu foto pertama yang gue ambil disana, sebelum ngelemparin tas ke tikar yang digelar sama teman-teman, lepas sandal dan nyeburin diri ke beningnya air disana. Hahaha secara gue lama banget gak ke Pantai, berasa macam anak kecil yang nemuin mainannya yang hilang, girangnya kebangetan. Sampai salah satu rombongan, mas Bigas, bilang ke gue "Hei kamu gak makan dulu? Main nyebur aja." Bodo amat, gue kangen banget main ke Pantai, selama ini gue cuma main ke kota sebelah sama desa gue doang, yang notabenenya adalah Pegunungan.

Main air, foto dibersihnya pasir, ngejar ikan yang berani banget ngedeketin manusia, dll. Disana airnya masih bersih, cuma kalo jalan di air harus hati-hati soalnya even di air yang dangkal juga ada pecahan terumbu karang, if you have a bad luck, you'll step on a glass. Gue sempat nemuin pecahan botol bir kalo gak salah, yang hampir gue injak pas di pasirnya sih tapi. Hehehe

Ada kejadian lucu, yang untungnya gak menyebabkan korban jiwa. Jadi pasca gue foto-foto, handphone gue masukin ke saku kan. Nah abis itu diajakin mas Arif, mas Bigas sama mas Helmi buat jalan agak ke tengah laut, gue asik aja langsung nyebur dan ikut mereka. Udah sampai tengah, dan mas Arif tiba-tiba nyeletuk "Gini ini ada Xperia Z asik buat foto-fotoan dalam air", langsung gue kaget banget. Kenapa kaget? Gue baru inget kalo ada handphone gue di saku, baru keinget juga kalo selama gue jalan dari tepian ke tengah laut, selama itu pula handphone gue kerendam air. Hahaha

Langsung gue otomatis ambil handphone disaku dan ngecheck keadaannya, masih hidup atau udah mati total. Syukur gue belum ganti ke ZL, dan masih bertahan ke ZR yang water resist. Jadi dia baik-baik saja Sodara. Hahaha langsung gue bilang "Ini gue bawa handphone Mas, tangkap ya" sembari gue lempar ke arah mas Arif, dia melongo "Wah anjir, sini gue tangkap. Ntar kalo jatuh kebawah (dasar laut) biar gue ambil. Hahaha".

Jadilah kita foto-fotoan disitu, terus jalan ke hampir setengah pulau. Kita mah kurang kerjaan banget, kita regu yang jalan duluan paling jauh diantara rombongan yang lain. Mas Arif pinjam alat Snorkeling mas Pepes, dia sekalian nyelam buat cari terumbu karang yang bagus buat ditaruh di Aquarium mini punya dia. Terumbu karang yang udah lepas ya, bukan yang masih bagus terus diambil paksa. :)

Setelah beberapa jam disana, kita pulang dengan pakaian yang masih lumayan basah. Karena disana masih tipe pulau yang terisolasi dari dunia luar, yang belum ada listrik, masih pakai aki basah, dan juga disana buat dapat air payau aja susah banget. Jadilah kita memutuskan mandinya di pulau sebelumnya yang lebih modern. Sudah pernah gue ngerasain gimana tidur di kapal kecil terus diombang-ambing ombak, tidur pulas karena selain gue orangnya gampang banget molor, juga enaknya kena semilir angin laut. Oh iya, gue jadi dapat 3 celetukan gara-gara kebiasaan gue ini. Dari Toyi' ada kayak gini "Mbak Titis bisa aja ya tidur pulas meski kapal lagi goyang banget". Dari mas Bigas ada "Kamu itu tadi di kapal perasaan udah tidur terus deh, masa iya ngantuk aja?", yang paling bikin tersipu malu ada dari mas Helmi, "Kamu di Kapal tadi tidurnya pulas banget ya. Hehehe". Aduh aduh aduh ada yang perhatiin gue, untung gue tidurnya pas gak lagi nganga mulutnya! Hahaha

Nah ada pengalaman baru yang gue alamin juga kemaren, mandi di tempat semi terbuka dan diperkampungan penduduk pula. Tempat terbuka kalo gak didaerah perkampungan padat penduduk mah gak masalah. Gue numpang mandi dirumah penduduk sekitar, dan ternyata tempatnya semi terbuka. Gue semacam salah tempat, jadi tempatnya itu cuma ketutup depan, samping kanan, sama belakang doang. Dan samping kiri gak tertutup, pas disamping kiri yang gak ketutup itu ada jendela tetangganya, terus juga dibelakang banyak pohon pisang. Horor anjir, bukan horor soal pohon pisangnya, horor kalo pas gue mandi tiba-tiba ada yang ngintip di jendela itu tadi. Hahaha

Well, itu salah satu cerita soal perjalanan gak terencana gue. Banyak ketemu teman baru, banyak dengar cerita tentang pengalaman hidup orang lain juga, banyak tahu tentang cara berpikir orang lain, dll. Oh iya, yang paling eyecatching disana ada 1, mas yang itu, anggota rombongan yang baru ketemu setelah di Pelabuhan. Karena malamnya gue lebih sibuk molor dan ngobrol sama yang lain, jadinya gak ketemu dari awal deh. Yang bikin gue dalam hati ngomong "Ya Tuhan, terima kasih sudah bikin gue memilih buat ikut rombongan ini dan mas yang kece abis itu juga ikut ternyata". Hehehe :P

Lo tau? Gue bersyukur Tuhan selalu kasih gue hal-hal baru yang asik setelah gue putus sama cowok gue. Gue berangkat dalam keadaan galau ditinggal gara-gara masih sayang, gue pulang masih dengan keadaan yang sama memang, cuma seenggaknya gue sadar, masih ada yang sayang sama gue, dan itu akan selalu lebih banyak dibanding yang pergi. :)

Photos taken by me, with my Xperia ZR

(Nah ini gue jalan pagi ke Pantai yang ada dibelakang rumah teman gue. Wake up to sunrise, feel the salty wind blow your hair, what can be more good?)

(Ini pelabuhan pertama. Pelabuhan buat menyebrang ke Pulau pertama, pulau tempat gue transit sebelum ke Pulau tujuan.)

(Jangan fokus ke kaki gue, fokus aja ke beningnya air sama bersihnya pasir. Hahaha!)

(I do write your name on the sand, but I didn't take a photo of that. Just capture it inside my head, through my eyes. Seriously.)